Pemrograman OOP1
Materi Pemrograman OOP1
Modul 1 |
Bagian ini akan membahas dasar – dasar komponen dari komputer
meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Kami
juga akan menyertakan gambaran global tentang bahasa pemrograman dan
sirkulasi pemrograman. Akan dibahas pula pada akhir pembahasan ini
mengenai sistem dan konversi numerik. Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat : • Mengindentifikasi perbedaan komponen pada komputer • Mengetahui tentang bahasa pemrograman komputer dan kategorinya • Mengetahui alur kerja pembuatan program dan mengaplikasikannya pada pemecahan masalah • Mengetahui tentang sistem numerik dan metode konversinya.Download OOP1 Modul 1 |
Modul 2 |
Pada bab ini akan dibahas secara singkat tentang sejarah JAVA dan
definisi teknologi JAVA. Bab ini juga akan sedikit menyinggung tentang
fase – fase dalam program JAVA. Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat : 1. Menjelaskan fitur – fitur teknologi dari Java meliputi Java Virtual Machine (JVM), garbage collection, dan code security. 2. Menjelaskan perbedaan fase pada pemrograman JAVA. Download OOP1 Modul 2 |
Modul 3 |
Dalam sesi ini, kita akan membahas tentang bagaimana menulis, meng-compile dan menjalankan(run) program Java. Terdapat 2 cara dalam melakukannya, yang pertama menggunakan console dan text editor. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan NetBeans yang merupakan Integrated Development Environment atau yang disebut IDE. Diakhir pembahasan, para pelajar diharapkan dapat : · Membuat program Java menggunakan text editor dan console dalam linux (Ubuntu Dapper) · Membedakan antara syntax-errors dan runtime-errors · Membuat program Java menggunakan NetBeans. Download OOP1 Modul 3 |
Modul 4 |
Pada bagian ini, kita akan mendiskusikan mengenai bagian dasar
pemrograman java. Kita akan memulai dengan mencoba menjelaskan bagian
dasar dari program Hello.java yang telah diperkenalkan pada bab
sebelumnya.Kita juga akan mendiskusikan beberapa pedoman cara menulis
script atau petunjuk penulisan kode dalam penulisan program lebih
efektif dan mudah dibaca. Pada akhir pembelajaran ini, pelajar seharusnya dapat : • Mengidentifikasi bagian dasar dari program java • Membedakan mana yang termasuk ke dalam java literals, tipe data dasar, tipe variabel, pengidentifikasian dan operator. • Mengembangkan program java sederhana menggunakan konsep pembelajaran pada bab ini. • Menganalisa program java pertama saya |
Modul 5 |
Kita sudah mempelajari konsep mendasar pada Java dan menulis
beberapa program sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program
kita lebih interaktif dengan menggunakan input dari keyboard. Pada bab
ini, kita akan mempelajari dua cara memberikan input, yang pertama
adalah menggunakan kelas BufferedReader dan melalui GUI (Graphical User
Interface) dengan menggunakan kelas JOptionPane. Pada akhir bab ini, para siswa diharapkan mampu: • Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard • Menggunakan kelas BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console • Menggunakan kelas JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard melalui GUI |
Modul 6 |
Pada bab sebelumnya, kita sudah mendapatkan contah dari program
sequential, dimana statement dieksekusi setelah statement sebelumnya
dengan urutan tertentu. Pada bagian ini, kita mempelajari tentang
struktur kontrol yang bertujuan agar kita dapat menentukan urutan
statement yang akan dieksekusi. Pada akhir bab, siswa diharapkan mampu: • Menggunakan struktur kontrol keputusan (if, else, switch) yang digunakan untuk memilih blok kode yang akan dieksekusi • Menggunakan struktur kontrol pengulangan (while, do-while, for) yang digunakan untuk melakukan pengulangan pada blok kode yang akan dieksekusi • Menggunakan statement percabangan (break, continue, return) yang digunakan untuk mengatur redirection dari program |
Modul 7 |
Dalam bagian ini, kita akan mendiskusikan mengenai array dalam Java.
Pertama, kita akan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan array,
kemudian kita juga akan mendefinisikan bagaimana mendeklarasikannya dan
menggunakannya dalam Java. Pada akhir pelajaran, siswa haruslah mampu untuk : - Mendeklarasikan dan membuat array - Mengakses elemen-elemen didalam array - Menentukan jumlah element didalam sebuah array - Mendeklarasikan dan membuat array multidimensi |
Modul 8 |
Pada bagian ini, kita akan mempelajari bagaimana untuk memproses
sebuah input dari command-line dengan menggunakan argumen yang diberikan
kepada program Java. Pada akhir pelajaran, siswa diharapkan dapat: • Mengetahui dan menjelaskan mengenai argumen command-line • Mendapatkan input dari user dengan menggunakan argumen command-line • Mempelajari bagaimana memberikan argumen kedalam program pada NetBeans |
Modul 9 |
Pada sesi ini, kita akan mengantarkan beberapa konsep dasar dari
Object-Oriented objcts, dan Programming (OOP). Selanjutnya kita akan
membahas konsep dari classes dan bagaimana menggunakan class dan
anggotanya. Perubahan dan pemilihan object juga akan dibahas. Sekarang,
kita akan focus dalam menggunakan class yang telah dijabarkan dalam Java
Class library, kita akan membahas nanti tentang bagaimana membikin
class anda sendiri. Pada akhir pelajaran, siswa seharusnya dapat : 1. menjelaskan OOP dan beberapa konsepnya 2. perbedaan antara class dan object 3. pebedaan antara instance variables/method dan class (static) variable/method 4. menjelaskan method apa dan bagaimana memanggil method parameter 5. mengidentifikasi beberapa jangkauan dari sebuah variable 6. memilih tipe data primitive dan object 7. membandingkan objects dan menjabarkan class dari objects. |
Modul 10 |
Setelah kita mempelajari penggunaan class dari Java Class Library,
kita akan mempelajari bagaimana menuliskan sebuah class sendiri. Pada
bagian ini, untuk mempermudah pemahaman pembuatan class, kita akan
membuat contoh class dimana akan ditambahkan beberapa data dan fungsi –
fungsi lain. |
Modul 11 |
Dalam bagian ini, kita akan membicarakan bagaimana suatu class dapat
mewariskan sifat dari class yang sudah ada. Class ini dinamakan
subclass dan induk class dinamakan superclass. Kita juga akan
membicarakan sifat khusus dari Java dimana kita dapat secara otomatis
memakai method yand tepat untuk setiap object tanpa memperhatikan asal
dari subclass object. Sifat ini dinamakan polimorfisme. Pada akhirnya,
kita akan mendiskusikan tentang interface yang membantu mengurangi
penulisan program. Pada akhir pembelajaran ini, siswa harus mampu untuk: • Mendefinisikan superclasses dan subclasses • Override method dari superclasses • Membuat method final dan class final |
Modul 12 |
Dalam bagian ini, kita akan mempelajari teknik yang dipakai dalam Java dalam menangani kondisi yang tidak biasa dalam menjalankan operasi normal dalam program. Teknik ini dinamakan exception handling. Pada akhir pembelajaran, siswa mampu untuk: · Mendefinisikan exception · Menangani exception menggunakan blok try-catch-finally |
Posted in Belajar Netbeans. Leave a Comment »
Belajar Netbeans Dasar 1
November 28, 2007 — ka2qSebelum Anda Mulai (The First)
Untuk menulis program Anda yang pertama, Anda perlu menginstal dulu perangkat lunak berikut pada sistem Anda (Kalau belum diisntal mana bisa gtu xixixixix,……..!!!!) :- J2SE(TM) Development Kit (JDK), versi 5.0 atau yang kompatibel (download)
- NetBeans IDE 5.5 (download).
Menyiapkan Proyek
Untuk membuat sebuah proyek IDE:- Jalankan NetBeans IDE.
- Dalam IDE, pilih File > New Project, seperti diperlihatkan dalam gambar di bawah.
- Dalam New Project wizard, buka kategori General dan pilih Java
Application seperti diperlihatkan dalam gambar di bawah. Kemudian klik
Next.
- Dalam halaman Name and Location pada pemandu, lakukan yang berikut (seperti diperlihatkan dalam gambar di bawah):
- Dalam field Project Name, ketikkan
Hello World App
. - Dalam field Create Main Class, ketikkan
helloworldapp.HelloWorldApp
. - Biarkan kotak cek Set as Main Project dipilih.
- Dalam field Project Name, ketikkan
- Klik Finish.
- Jendela Projects, yang berisi tampilan pohon dari berbagai komponen proyek, berisi file sumber, pustaka yang mendasari kode Anda dan lain-lain.
- Jendela Source Editor berisi file yang disebut
HelloWorldApp,
terbuka. - Jendela Navigator, yang dapat Anda gunakan untuk navigasi cepat di antara elemen-elemen dalam kelas yang dipilih.
Menambahkan Kode ke File Sumber Yang Terbentuk
Karena Anda membiarkan kotak cek Create Main Class dipilih dalam New Project wizard, maka IDE telah membuat kelas kerangka untuk Anda. Anda dapat menambahkan pesan “Hello World!” pada kode kerangka dengan menempatkan baris:// TODO code application logic herebeserta baris:
System.out.println("Hello World!");Simpan perubahan tersebut dengan memilih File > Save.
File tersebut semestinya tampak seperti yang berikut:
/* * HelloWorldApp.java** To change this template, choose Tools > Template Manager* and open the template in the editor.*/ package helloworldapp;/*** The HelloWorldApp class implements an application that * simply displays "Hello World!" to the standard output. */ public class HelloWorldApp { /** Creates a new instance of HelloWorldApp */ public HelloWorldApp() { } /** * @param args the command line arguments */ public static void main(String[] args) { //Display "Hello World!" System.out.println("Hello World!"); } }
Mengkompilasi File Sumber
Untuk mengkompilasi file sumber Anda, pilih Build > Build Main Project dari menu utama IDE.Jendela Output terbuka dan menampilkan hasil yang serupa dengan apa yang Anda lihat dalam gambar berikut.
BUILD SUCCESSFUL
, selamat! Berarti Anda telah berhasil mengkompilasi program!Jika hasil pembangunan disertai dengan pesan
BUILD FAILED
,
mungkin ada sintaks yang salah dalam kode Anda. Kesalahan dilaporkan
dalam jendela Output sebagai teks hyperlink. Klik ganda hyperlink
tersebut untuk menuju ke sumber kesalahan. Anda dapat memperbaiki
kesalahan tersebut nanti dan sekali lagi pilih Build > Build Main
Project.Ketika Anda membangun proyek, file bytecode
HelloWorldApp.class
akan dibuat. Anda dapat melihat tempat file baru tersebut dibuat dengan membuka jendela Files dan membuka simpul Hello World App/build/classes/helloworldapp
sebagaimana tampak dalam gambar berikut.Menjalankan Program
Dari bar menu IDE, pilih Run > Run Main Project.Gambar berikut memperlihatkan apa yang semestinya Anda lihat sekarang.
Anda sekarang tahu cara melakukan beberapa tugas pemrograman paling umum dalam IDE.
Sumber : https://sites.google.com/site/belajarjavanetbeans/belajar-netbeans-2
No comments :
Write commentsNote: only a member of this blog may post a comment.